Barang kiriman adalah barang impor yang dikirim oleh pengirim tertentu di luar negeri kepada penerima tertentu di dalam negeri. Barang kiriman dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 100 (seratus US Dollar) untuk setiap orang per kiriman diberikan pembebasan bea masuk. Apabila barang kiriman melebihi batas nilai pabean maka akan dipungut bea masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI).

Impor barang kiriman berupa barang dagangan melalui Perusahaan Jasa Titipan (PJT) harus memenuhi ketentuan paling banyak FOB USD 1500 untuk setiap House Airway Bill (AwB) atau Bill of Lading (B/L). Jika lebih dari ketentuan, maka diberlakukan ketentuan umum di bidang impor yaitu menggunakan Pemberitahuan Impor Barang (PIB) / Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK).

Berikut ada beberapa informasi mengenai impor barang kiriman berupa barang dagangan yang melebihi batas ketentuan, yaitu lebih dari FOB USD 1500.
Bahwa dalam rangka meningkatkan kecepatan pelayanan dalam proses pemeriksaan pabean barang kiriman diimbau kepada pengguna jasa (penerima barang) untuk dapat mengirimkan kelengkapan data/dokumen sebagai berikut:
1. Bukti bayar pembelian barang yang tervalidasi (telegraphic transfer/TT) antara lain: Bukti tagihan kartu kredit, Bukti transfer bank, Paypal, Western Union, atau bukti pembayaran lain yang sah (valid).
2. Invoice asli
3. Copy link penjualan (website)
4. NPWP atas nama penerima barang jika ada
5. Dokumen pemenuhan ketentuan perizinan impor dari instansi atau Kementerian/Lembaga terkait, contohnya: Izin dari Kementerian Perdagangan, SKI BPOM, Izin alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan, dan SNI.
Jika barang kiriman termasuk barang larangan dan/atau pembatasan

Kelengkapan data/dokumen tersebut dapat dikirimkan melalui e-mail :
▪ems.soetta@posindonesia.co.id (Untuk barang kiriman yang penyelesaian kepabeanan dilakukan di Kantor Tukar Pos Udara Soekarno Hatta (Bea Cukai Soekarno Hatta))
▪bcpasarbaru@gmail.com (Untuk barang kiriman yang penyelesaian kepabeanan dilakukan di Kantor Pos Pasar Baru (Bea Cukai Pasar Baru))
▪posbcjuanda@gmail.com (Untuk barang kiriman yang penyelesaian kepabeanan dilakukan di Pos MPC Surabaya (Bea Cukai Juanda))
▪ngurahraicustoms@gmail.com / 800posint@posindonesia.co.id (Untuk barang kiriman yang penyelesaian kepabeanan dilakukan di Kantor Pos Denpasar (Bea Cukai Ngurah Rai))
▪bcpostemas@gmail.com (Untuk barang kiriman yang penyelesaian kepabeanan dilakukan di Pos Semarang (Bea Cukai Tanjung Emas))
▪hanggarposbcbandung@gmail.com (Untuk barang kiriman yang penyelesaian kepabean dilakukan di Mail Processing Center 40400 (Bea Cukai Bandung))

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center Bravo Bea Cukai 1500225 | e-mail : info@customs.go.id | Twitter/Facebook : @bravobeacukai

#BeaCukaiMakinBaik

News

JASA PEMBUATAN WEBSITE & SOFTWARE